JANGAN BERSUMPAH PALSU

JANGAN BERSUMPAH PALSU
 
FOTO: pixabayfree
Perintah yang aktual dan berlaku untuk setiap zaman. Jangan Bersumpah. Sayang sekali, saat ini begitu mudahnya orang bersumpah. Bersumpah seakan-akan menjadi ukuran untuk kebaikan dan kebersihan seseorang. Bersumpah untuk tidak korupsi, untuk setia pada pelayanan rakyat. Hasilnya nihil.

Bersumpah hanya simbol. Sumpah dengan demikian menjadi tidak bernilai atau simbolis saja.

Yesus sudah lama mewanti-wati hal ini. Jangan bersumpah palsu, kata Yesus. Kalimat ini bahkan bukan karangan Yesus tetapi dari Nenek Moyang manusia zaman sebelum Yesus. Lalu dilanjut, baik demi langit maupun bumi. Langit adalah simbol Takhta Allah. Bumi adalah pijakan kaki-Nya, tempat Allah berkarya dan berkomunikasi dengan manusia.

Untuk kedua-Nya, jangan sekali-kali kita bersumpah. Yesus memberi isyarat yang bermanfaat yakni Peganglah Sumpahmu di hadapan Tuhan. Maksudnya, ingatlah selalu yang kamu janjikan pada Tuhan. Laksanakan itu dalam hidup harian. Tentu kadang-kadang sulit. Ini tanda bahwa kita berusaha mematuhi kata-kata kita sendiri. Dan di saat yang lemah itu, kita boleh meminta kekuatan dari Tuhan.

Bacaan Injil Sabtu, 17 Juni 2017: Matius 5: 33-37
Jumat, Pekan Biasa X

*Selamat Bekerja


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKULAH POKOK ANGGUR DAN KAMU RANTINGNYA

YESUS ADALAH JALAN, KEBENARAN dan HIDUP

BUTUH DISEMBUHKAN